Senin, 18 Maret 2013


SEJARAH SINGKAT

      Sejarah perkembangan Jurusan IPPS dimulai sejak berdirinya jurusan ilmu Pendidikan Masyarakat(IPENMAS) 1956. Seirama dengan peningkatan dan perkembangan obyek materiil yang dihadapinya, maka pada tanggal 19 Mei 1960 jurusan IPENMAS berganti nama menjadi jurusan Ilmu Pendidikan dan Pekerjaan Kemasyarakatan (IPPK) serta pada tanggal 26 Juni 1964 berdasarkan hasil konferensi IKIP di Cibulan, berubah nama menjadi jurusan Pendidikan Sosial (PENSOS). Sesuai dengan hasil keputusan konferensi Pendidikan Sosial seluruh Indonesia ke-I di Bandung tahun 1970 yang kemudian dikukuhkan oleh SuratKeputusan Rektor IKIP Bandung tanggal 2 Juni 970 nomor 273/SP.Pst/ Adm/970, nama jurusan tersebut berubah nama menjadi jurusan ilmu Pendidikan dan Pengembangan Sosial (IPPS). Namun demikian perubahan nama jurusan sejak IPENMAS PTPG, IPPK-FKIP/A UNPAD, PENSOS IKIP dan sekarang jurusan IPPS FIP IKIP Bandung, tidak mengubah esensi dan prinsip yang disandangnya.

VISI
      Menjadikan jurusan PLS yang memiliki keunggulan dan menjadirujukan keilmuan dan profesi PLS dalam pengembangan masyarakat

MISI
  1. Mengembangkan model pengelolaan dan pelayanan pendidikan bagi masyarakat yang memiliki kebutuhan belajar.
  2. Menyelenggarakan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan andragogis.
  3. Melaksanakan penelitian dan pengembangan model pendidikan bagi masyarakat.
  4. Memberdayakan laboratorium sebagai pusat pengembangan kelimuan dan pengembangan masyarakat.
  5. Meningkatkan mutu layanan dalam informasi konsultasi,pelatihan dalam pengembangan masyarakat melalui pendekatan pendidikan.
  6. Mengembangkan jejaring (net working) dalam meningkatkan kerjasama dan atau kemitraan dalam bidang PLS dan pengembangan masyarakat secara lokal,nasional dan internasional.
    SASARAN 
    1. Terformulasikannya model pengelolaan dan pelayanan pendidikan bagi masyarakat yang memiliki kebutuhan dasar. 
    2. Terselenggara kegiatan pembelajaran yang menggunakan pendekatan andragogis  
    3. Tersusunya hasil hasil penelitian dan pengembangan model pendidikan bagi masyarakat
    4. Terselenggaranya berbagai aktifitas di laboratorium dalam rangka pengembangan keilmuan dan pengembangan masyarakat.
    5. Terdapatnya layanan dalam informasi,konsultasi,pelatihan dalam pengembangan masyarakat melalui pendekatan pendidikan.
    6. Terdapatnya jejaring yang memadai dalam meningkatkan kerjasama dan atau kemitraan dalam bidang PLS dan pengembangan masyarakat secara lokal,nasional dan Internasional.
    PROGAM PENGEMBANGAN 
    1. Melakukan sosialisasi kepada pihak stakeholder internal dan eksternal tentang aspek-aspek visi,misi,sasaran,dan tujuan program studi PLS.
    2. Pada saat kegiatan  orientasi studi/kuliah umum bagi mahasiswa yang baru diterima ,pengenalan mengenai visi,misi,sasaran dan tujuan program studi PLS sudah diuraikan,dibahas dan didiskusikan. Demikian Pula mengenai program program kegiatan akademik yang menyangkut pendidikan / pengajaran dan pengabdian kepada masyarakat
TUJUAN

  • Mengkaji dan mengembangkan keilmuan PLS dalam pengembangan masyarakat
  • Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi sesuai dengan tuntutan professional kependidikan luar sekolah dalam pengembangan masyarakat
  • Melaksanakan penelitian dan pengembangan model pendidikan dalam pengembangan masyarakat
  • Mengujicobakan dan menghasilkan model pengelolaan dan pelayanan pendidikan bagi masyarakat yang memiliki kebutuhan belajar
  • Menghasilkan produk-produk model pendidikan inovatif untuk kepentingan kurikulum & pembelajaran PLS
  • Memberikan mutu layanan dalam informasi, konsultasi/advokasi dan pelatihan dalam pengembangan masyarakat melalui pendekatan pendidikan
  • Menjalin kerjasama kemitraan dalam bidang PLS dan pengembangan masyarakat secara local, nasional & internasional

Sumber:
http://fip.upi.edu/v4/jurusan/pendidikan-luar-sekolah/
http://pls.upi.edu/index.php/pls-profil/visi-misi-pls
Posting Lebih Baru
Previous
This is the last post.

0 komentar:

Posting Komentar