Minggu, 24 Maret 2013



Setiap manusia memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing, manusia merupakan mahluk yang sempurna yang telah diberikan akal untuk berfikir, memilih mana baik dan buruk, mahasiswa  merupakan manusia yang memiliki peran sebagai agen pembawa perubahan di masyarakat. Mahasiswa dituntut untuk memberikan  perubahan yang bersifat positif  di masyarakat, setiap mahasiswa memiliki kemampuan yang berbeda-beda,  dalam hal untuk memecahkan masalah di masyarakat mahasiswa harus memiliki jiwa kreator (orang yang kreatif) Kreativitas adalah proses timbulnya ide yang baru, sedangkan inovasi adalah pengimplementasian ide itu sehingga dapat merubah dunia, Banyak mahasiswa yang memiliki ide-ide yang dapat menjadi suatu peluang untuk meningkatkan indeks kesejahteraan individu merupakan masyarakat sekitar, tetapi ada kekurangan yang menghambat pengembangan ide-ide tersebut yaitu kurangnya kreatifitas, kemauaan maupun aksi untuk pengembangan ide-ide tersebut, dari hal tersebut saya memiliki strategi untuk menciptakan suasana keratifitas dan inovasi terhadap mahasiswa yaitu :
1.      Giat belajar
Membaca merupakan salah satu refrensi dalam meningkatkan indeks kreatif pada mahasiswa dalam menciptakan ide-ide yang baru.
2.      Berani mengutarakan pendapat,
Masih banyak mahasiswa yang masih takut dalam mengutarakan pendapatnya di depan umum, dikarenakan rasa malu yang teramat besar dibandingkan rasa percaya diri terhadap diri sendiri, padahal hal tersebut membuat tertutup dari keadaan realitas yang akan mereka hadapi di dunia yang sebenarnya.
3.      Selalu berorientasi kedepan
Selalu berfikir terhadap masa depan merupakan salah satu motivasi internal terhadap mahasiswa, untuk mambangiktak jiwa kreatifator dan inovator
4.      Memiliki banyak ide dan kemauan
Memiliki banyak ide dan kemampuan yang besar dapat meningkatkan suasana kreatif dan inovasi terhadap mahasiswa.
5.      Selalu mencoba hal baru
pengalaman mencoba hal baru adalah sesuatu yang sangat bernilai bagi orang kreatif dimana dengan mencoba inilah ia bisa menemukan teka-teki, memecahkan masalah dan bahkan menemukan sesuatu hal yang tak terduga. sikap ini juga lah yang menjadi suatu nilai yang luar biasa untuk orang 
6.      Memiliki jiwa yang suka dengan tantangan
     Mencoba menerapkan sikap menyukai tantangan akan menjadikan kita lebih kreatif karena dapat membangkitkan antusiasme dan motivasi untuk berkreasi dan berinovasi.

7.      Imajinasi
Imajinasi adalah jiwa kreatifitas. Tanpa imajinasi tidak ada kreatifitas. Dengan imajinasinya orang-orang kreatif mampu menciptakan dunia yang tak terbatasi oleh dimensi waktu;
8.      Pengambilan resiko
Kemampuan untuk mendorong ide baru, menghadapi rintangan yang ada sehingga pengambilan resiko merupakan cara mewujudkan ide yang kreatif menjadi realitas (Bryd & Brown, 2003)




0 komentar:

Posting Komentar